Rabu, 26 Juni 2019

Tips Memeriksa AC mobil Sebelum Pergi ke Bengkel

Post oleh : lia | Rilis : Juni 26, 2019 | Series :
Service AC mobil secara rutin memang harus dilakukan, namun apa bila terjadi masalah sebelum waktu service Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel. Berikt ini beberapa tips memeriksa AC mobil untuk memastikan kerusakan.

Tips Memeriksa AC mobil Sebelum Pergi ke Bengkel

Periksa Pipa AC dan Selang Fleksibel
Pipa flesksibel maupun pipa alumunium pada AC memiliki resiko bocor akibat bergesekan dengan bagian mobil lain. Cara memeriksa kebocoran bisa Anda lakukan dengan memastikan tidak ada oli di sekitar selang. Periksa juga bagian Valve, umunnya kebocoran terjadi di area servis valve ( tempat mengisi dan membuang Freon) dengan cara yang sama.

Pemeriksaan Reciever Drier
Reciever drier memiliki fungsi menyaring kotoran agar tidak lolos ke katup expansi. Reciever drier dengan tipe terpisah dengan kondensor dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch, sehingga mememudahkan pemeriksaan. Pemeriksaan yang bisa Anda lakukan adalah dengan melihat pada sambungan in/out, karena kebocoran sering terjadi pada bagian ini.

Anda juga bisa melihat kondisi Freon melalui sight glass  yang terdapat pada bagiana atas receiver drier, apakah sight glass masih bersih atau sudah hitam. Jika terlihat hitam sebaiknya ganti receiver drier dan lakukan pemeriksaan menyeluruh di bengkel. Periksa juga pressure switch dengan mengecek kondisi soket dan kabel, apakah terhubung dengan baik atau tidak.

Permeriksaan Kompresor
Kompresor memang bagian yang cukup kompleks, namun Anda bisa melakukan pemeriksaan sederhana dengan memeriksa bagian fisik kompresor. Pastikan tidak ada kebocoran padakompresor, kebocoran ditandai dengan adanya bekasi oli di sekitar kompresor. Kemampuan kompresor dalam memmompa refrigerant dapat Anda lihat di manometer gauge AC mobil.

Pemeriksaan Evaporator
Pemeriksaan evaporator cukup mudah, Anda bisa mngecek dengan merasakan hembusan angina melalui grill AC. Jika angina kurang kuat, udara yang dihasilkan tidak terlalu dingin atau bahkan angina tidak keluar, Anda harus melakukan pembersihan evaporator ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan Blower
Kondisi blower bisa Anda periksa dengan cara mendengarkan putaran blower, apakah terdengar kasar atau terdapat suara lain yang keluar dari blower. Jika blower mengeluarkan suara keras, kemungkinan hal tersebut disebabkan karena blushing motor blower yang sudah aus atau ada benda-benda yang masuk ke dalam blower dan mengganggu putaran blower.

Pemeriksaan Fan Kondensor
Fan kondensor merupakan satu bagian dengan fan radiator, untuk mengetahui kondisi fan Anda bisa memeriksa hembusan angin, arah hembusan angina dan kondisi soket pada kabel fan kondensor. Fan yang condenser yang mati dapat menyebakan temperatur mesin meningkat ketika AC dihidupkan.

Itulah pemeriksaan sederhana yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah guna memastikan AC mobil Anda dalam kondisi yang baik. Pemeriksaan lebih lengkap dan mendalam bisa Anda lakukan di bengkel AC mobil yang memiliki peralatan lengkap dan montir yang berpengalaman seperti pada Bengkel Supercar.id.

google+

linkedin