Rabu, 11 September 2019

Cara Membersihkan Telinga yang Salah Bisa Membahayakan Anda!

Post oleh : lia | Rilis : September 11, 2019 | Series :
Telinga menjadi salah satu bagian tubuh yang berfungsi untuk mendengarkan berbagai suara, bisa dibayangkan sendiri seperti apa kondisinya jika telinga tidak bekerja secara sempurna. Untuk itu perlu perawatan yang baik dan tepat supaya kinerja tetap baik. Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan. Tetapi tidak sedikit orang yang berniat membersihkan telinga justru mengalami masalah. Hal itu disebabkan oleh cara membersihkan telinga yang salah. Tentu saja Anda tidak ingin mengalami masalah tersebut bukan?

Cara Membersihkan Telinga yang Salah Bisa Membahayakan Anda!

Sudah ada banyak sekali kasus membersihkan telinga yang dapat menyebabkan kerusakan, hal ini harus diperhatikan secara baik. Dimana kulit saluran telinga yang umumnya tipis sehingga mudah untuk terluka, apalagi jika membersihkan dengan menggunakan benda tajam. Akibat buruknya terjadi infeksi pada telinga, makanya dari itu jangan sembarangan dalam membersihkan telinga kotor Anda. Hindari beberapa kesalahan yang masih sering dilakukan oleh banyak orang berikut ini:

1. Membersihkan secara rutin.
Orang awam berfikir kebersihan yang baik itu pasti dilakukan secara rutin atau setiap hari, begitu pula untuk telinga. Tetapi dari dunia medis hal itu ternyata justru salah, karena pada dasarnya telinga sudah mempunyai kemampuan untuk membersihkan diri. Jadi tidak perlu menggali telinga lebih dalam untuk mendapatkan banyak kotoran. Tunggu saja sampai pada telinga bagian luar lalu ambil secara perlahan.

2. Menggunakan cotton buds.
Alat paling familiar digunakan untuk membersihkan telinga adalah cotton buds atau gulungan kapas yang dimasukkan pada bagian telinga. Tetapi ternyata hal tersebut dapat membuat masalah pada telinga, dalam dunia medis cara membersihkan telinga yang salah ini dapat menyebabkan masalah pada bagian gendang telinga. Bahkan bahayanya dapat mendorong lebih dalam kotoran dalam telinga.

3. Memasukkan benda runcing.
Tidak sedikit orang menggunakan benda runcing untuk membersihkan bagian telinga seperti jarum jahit, penjepit rambut atau bahkan kuku jari yang panjang. Sama saja halnya seperti pembersihan menggunakan cotton buds, benda tersebut dapat merusak kulit tipis pada telinga baik bagian dalam ataupun luarnya.

4. Terapi lilin.
Cara yang satu ini cukup populer untuk membersihkan kotoran yang ada pada telinga, cara dipanaskan lalu diletakkan pada bagian telinga seperti halnya vakum dipercaya dapat mengatasi kotoran. Tetapi percaya tidak percaya, hal itu akan memberikan tekanan pada gendang telinga sehingga dapat pecah dan muncul masalah. Dipasaran sudah ada banyak produk yang dijual, namun lebih baik hindari cara yang kurang disarankan ini.

5. Menggunakan alat suntik.
Pernahkah Anda mendengar jika alat suntik jarum dapat digunakan untuk membersihkan bagian telinga? Ya, jenis tersebut digunakan untuk menyemprot air dalam telinga kemudian kotoran keluar. Tetapi dalam dunia medis itu cukup membahayakan bahkan jika tidak benar dapat menimbulkan masalah atau iritasi pada telinga. Jadi lebih baik tidak membersihkan dengan cara yang kurang direkomendasikan ini.

Diatas hanyalah sedikit dari sekian banyak masalah yang bisa timbul akibat melakukan kesalahan dalam membersihkan telinga. Pada dasarnya ada banyak cara yang masih salah dan masih digunakan oleh masyarakat. Tetapi semua itu kembali kepada masing-masing orang, jika ingin lebih aman baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan pihak medis. Dokter THT pasti akan memberikan saran cara membersihkan telinga secara lebih tepat dan tidak membahayakan. Selain dibersihkan, Anda harus selalu memeriksakan supaya telinga bisa lebih bekerja baik. Sekian dan terima kasih.

google+

linkedin