Kamis, 17 Oktober 2019

Hepatitis B pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Stres, Inilah Solusinya

Post oleh : lia | Rilis : Oktober 17, 2019 | Series :
Penyakit hepatitis B yang menyerang ibu hamil dapat menular secara langsung ke janin yang dikandungnya. Jika hal ini terjadi, kondisi tubuh ibu dan janin akan lemah dan membutuhkan penanganan segera. Meski demikian, stres bisa muncul akibat kecemasan ibu hamil terhadap dampak hepatitis B pada ibu hamil. Untuk mencegah ataupun mengatasinya, lakukan hal berikut.

Hepatitis B pada Ibu Hamil Bisa Sebabkan Stres, Inilah Solusinya

1.    Menghirup Udara Segar
Salah satu cara alami dalam menghilangkan stres adalah menghirup udara segar. Saat hamil, memang sangat dianjurkan untuk selalu sehat dan rileks. Udara yang bersih dan segar mampu menyegarkan tubuh agar kesehatan terjaga dengan baik.

Suasana rileks tersebut mendukung ibu dan janin untuk tetap sehat dan mampu meningkatkan sistem imun, meskipun mengidap hepatitis B. untuk mendapatkan udara segar, Anda dapat pergi ke taman kota, berwisata ke daerah yang masih asri, dan tak lupa membuat taman sederhana di rumah agar setiap saat dapat menghirup udara segar juga memandang tanaman hijau yang sejuk.

2.    Rajin Konsultasi ke Dokter
Kecemasan yang terjadi pada ibu hamil pasca mengetahui kondisi sebenarnya bahwa sedang terinfeksi HBV harus diwaspadai. Rasa cemas yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan stres dan justru tidak baik untuk janin. Ketegangan dari ibu hamil juga akan dirasakan oleh janin. karenanya, beban kekhawatiran tersebut harus dikurangi.

Hendaknya anggota keluarga memberi pengertian dan motivasi kepada ibu hamil untuk tetap tenang dan berpikir positif. Rajinlah untuk berkonsultasi ke dokter agar kondisi kesehatan ibu dan janin selalu bisa dipantau dan diberikan penanganan tepat. Pemeriksaan berkala ini juga menyediakan ruang untuk berkonsultasi sesuai dengan kondisi kehamilan dari masa ke masa.

3.    Pijat Hamil
Kasus hepatitis B pada ibu hamil tentu saja membuat ibu hamil menjadi tidak tenang karena memikirkan kesehatan kandungannya. Kondisi stres akibat hal tersebut bisa diantisipasi dengan pijat hamil. Anda bisa melakukan spa khusus ibu hamil agar kondisi tubuh kembali rileks. Hati dan pikiran juga akan tenang dan bersemangat melakukan penanganan medis.

4.    Melakukan Hobi
Setiap orang pasti mempunyai hobi. Melakukan hobi ternyata sangat besar manfaatnya untuk menyenangkan hati. Terdapat kepuasan tersendiri saat melakukan hobi yang mampu mengusir stres, termasuk stres ketika mengidap hepatitis B saat hamil.

Ibu hamil yang mengidap hepatitis B dapat melakukan hobinya agar menjadi rileks. Semangatnya akan kembali lagi dan beban kekhawatirannya berkurang. Lakukanlah hobi yang memang aman untuk ibu hamil dan tetaplah beristirahat ketika sudah merasa lelah agar kondisi kesehatan stabil.

5.    Olahraga
Olahraga khusus ibu hamil juga diperlukan agar tubuh tetap sehat. Aliran darah juga lancar dan memicu kesehatan organ tubuh. Saat ibu hamil ternyata mengalami hepatitis B, tidak ada salahnya untuk berolahraga karena dapat mengusir stres. Akan tetapi, perlu diingat bahwa harus menjalankan olahraga yang aman untuk ibu hamil dengan perhatian khusus agar tidak terlalu lelah.

Hepatitis B pada ibu hamil ini harus segera ditangani secara medis dengan tindakan khusus. Hal ini akan mengatasi berbagai dampak yang ditimbulkan agar kondisi kehamilan tetap terjaga. Stres pada ibu hamil juga akan menurun dan normal kembali, jika kehamilannya baik-baik saja. Relaksasi dengan berbagai tindakan di atas juga sangat membantu menghilangkan stres.

google+

linkedin