Selasa, 22 Oktober 2019

Trik Dapatkan Asuransi Jiwa Tepat bagi Pemula

Post oleh : lia | Rilis : Oktober 22, 2019 | Series :

Kebanyakan orang saat ini masih belum sadar pentingnya asuransi, termasuk  asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri adalah jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan bagi individu atau keluarga dari kerugian finansial yang diakibatkan oleh risiko kematian, cacat seumur hidup, atau sudah tidak produktif lagi. Nah ada tips memilih premi asuransi jiwa bagi pemula.

Trik Dapatkan Asuransi Jiwa Tepat bagi Pemula

1.      Mengenal Jenis dari Asuransi Jiwa
Hal pertama yang wajib untuk diperhatikan saat memilih premi asuransi jiwa untuk pemula adalah mengenal jenis asuransi jiwa. Sehingga, ke depannya Anda tidak akan salah pilih. Pilih jenis asuransi yang paling tepat dan tentunya yang sesuai dengan kebutuhan maupun kemampuan Anda.

2.      Pastikan Premi Sesuai Kemampuan Finansial
Premi adalah anggaran yang wajib Anda keluarkan per bulan untuk membayar asuransi. Pembayaran premi juga dapat dilakukan tiga bulanan, atau kuartalan, enam bulanan atau semesteran, atau bahkan tahunan.

Meskipun ada banyak sekali pilihan pembayaran premi, satu hal yang pasti adalah sesuaikan jumlah premi berdasarkan anggaran bulanan. Idealnya, alokasi dana membayar asuransi jiwa paling baik adalah 10 hingga 20 persen dari jumlah pendapatan Anda . Jadi jika pendapatan bulanan Anda Rp10 juta, Anda dapat mengambil premi  paling maksimal adalah Rp1 juta per bulan.

3.      Tahu Uang Pertanggungan
Namanya asuransi jiwa, pasti nantinya akan ada uang pertanggungan. Ini merupakan nilai yang nantinya dibayarkan perusahaan asuransi pada Anda atau ahli waris.  Besaran uang untuk pertanggungan berkaitan dengan premi yang dibayarkan. Semakin tinggi premi,  semakin tinggi pula uang pertanggungan yang nantinya akan diberikan.

Meskipun begitu, ada juga premi yang tinggi dengan uang pertanggungan relatif kecil. Hal ini pada umumnya terjadi karena manfaat dari uang premi dibagi jadi dua, yakni sebagai tabungan atau investasi. Misalnya pada jenis asuransi jiwa dwiguna atau jenis asuransi jiwa unit link.

4.      Pilih Perusahaan Asuransi dengan Layanan Terbaik
Tahukah Anda jika perusahaan asuransi bagus dan baik juga dapat dilihat dari sisi layanan yang diberikan? Selalu pilih perusahaan asuransi yang memiliki layanan pelanggan 24 jam. Dengan begitu, Anda dapat menghubungi mereka kapan pun  dibutuhkan, baik itu pada saat ingin menanyakan informasi ataupun ketika hendak mengajukan klaim.

Tidak sedikit perusahaan asuransi  dicap buruk atau di-blacklist  masyarakat karena pelayanan klaimnya sangat buruk.

5.      Bandingkan Beberapa Perusahaan
Masing-masing perusahaan pastinya punya kelebihan dari produk asuransi jiwa terbaikmereka. Oleh sebab itu, Anda juga harus mampu bersikap cerdas ketika memilih asuransi dan jangan langsung memutuskan diri untuk cepat membeli asuransi jiwa terbaik.

Perbandingan beberapa perusahaan bisa dengan mudah Anda lihat dari berbagai aspek. Mulai dari segi premi, masa kontrak, uang pertanggungan, sampai dengan manfaat yang didapat. Jika perlu, Anda juga dapat meminta tolong  agen asuransi untuk membuatkan ilustrasi dahulu supaya nanti Anda bisa dengan mudah dan paham saat mempelajari produk yang ditawarkan.

6.      Pelajari Isi Polis Secara Teliti
Kadang kala ketika sudah cocok serta merasa oke membeli sesuatu, Anda  akan lupa untuk mengecek secara teliti barang yang hendak dibeli. Hal ini tentunya berlaku ketika Anda membeli asuransi jiwa yang baik. Sikap satu ini perlu untuk Anda hindari sebab asuransi mempunyai masa kontrak tidak sebentar. Jadi pelajari isi polis yang ditawarkan.

Di atas adalah beberapa tips yang bisa digunakan pada saat Anda hendak membeli premi asuransi jiwa pada sebuah perusahaan. Meskipun baru, selalu lakukan yang terbaik sehingga bisa mendapatkan yang terbaik pula.

google+

linkedin