Jumat, 15 November 2019

Gambar Paru-paru: 7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru, Terapkan Mulai dari Sekarang

Post oleh : lia | Rilis : November 15, 2019 | Series :

Gambar paru-paru yang norman menandakan kondisinya yang sehat, memungkinkan Anda untuk bernapas secara normal. Paru-paru ini sendiri adalah salah satu organ tubuh yang memiliki peran vital, diantaranya adalah tempat bertukarnya oksigen dan juga karbondioksida yang digunakan dalam proses respirasi, apalagi semua makhluk hidup harus bernapas. Terdapat 2 buah bagian dari paru-paru, diantaranya adalah bagian kanan dan juga kiri, pada paru-paru kanan terdapat 3 buah lobus, sedangkan untuk paru-paru kiri memiliki 2 lobus, itulah mengapa paru-paru kanan ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan paru-paru kiri.

Gambar Paru-paru: 7 Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Paru-paru, Terapkan Mulai dari Sekarang

Hanya saja memang semakin bertambahnya usia tidak bisa dipungkiri juga jika seandainya kemampuan dari organ tubuh, termasuk diantaranya adalah paru-paru ini mengalami kemunduran, sehingga rentan sekali menyebabkan masalah atau penyakit. Agar paru-paru Anda tetap sehat sampai dengan usia tua, maka berikut ini diantaranya beberapa hal yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Jangan merokok, semua orang tentunya sudah tau bahwa bahan yang satu ini mengandung beragam jenis senyawa berbahaya atau yang bersifat racun di dalam tubuh, apalagi cara pakainya dengan dihisap sehingga asap masuk kedalam paru-paru. Meskipun memberikan efek menenangkan, namun berlangsung sementara. Sedangkan semakin lama hal ini justru akan merusak kesehatan organ tersebut, seperti memicu penyakit asma, fibrosis paru idiopatik sampai dengan yang paling berbahaya adalah kanker paru-paru.
  2. Hindari konsumsi alkohol, tidak hanya rokok, melainkan alkohol ini sendiri juga termasuk bahan yang dapat merusak tubuh, karena dapat memicu terjadinya penyempitan pada paru-paru, sehingga membuat Anda nantinya akan kesulitan didalam bernapas. Gantilah dengan minuman yang lebih sehat, seperti diantaranya adalah air putih atau jus buah.
  3. Berolahraga secara teratur, dengan rajin melakukan olahraga maka ada banyak manfaat menakjubkan yang nantinya bisa Anda rasakan, termasuk untuk kesehatan paru-paru. Karena nantinya Anda bisa bernapas secara lebih lancar dan panjang, tidak akan mudah ngos-ngosan juga jika harus melakukan aktivitas sedikit lebih berat.
  4. Mengatur diet, menjaga berat badan agar tetap dapat ukuran ideal ini nyatanya juga sangat penting, jadi jika seandainya berat badan Anda berlebih nilainya, dianjurkan untuk segera melakukan diet, karena bisa berpengaruh pada pernapasan, resiko seperti sleep apnea sangat mungkin terjadi pada orang-orang yang berat badannya berlebih.
  5. Hindari beberapa jenis makanan yang dapat memicu lendir pada paru-paru, seperti diantaranya adalah makanan yang banyak mengandung glukosa layaknya cokelat dan juga permen. Jenis makanan semacam ini bisa memicu lendir di dalam paru-paru menebal sehingga menganggu kinerjanya.
  6. Cukupi antioksidan di dalam tubuh, sumber antioksidan alami ini nyatanya sangatlah banyak. Mulai diantaranya adalah buah dan juga sayur-sayuran yang kaya akan vitamin C, karena vitamin C ini memang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh, bagus untuk cegah kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh pengaruh radikal bebas.
  7. Hindari menghirup udara kotor dan berdebu, jadi biasakan untuk memakai masker ketika sedang berkendara atau bersih-bersih. Karena nantinya udara yang kotor tersebut berpotensi untuk menutup saluran pernapasan, ditambah juga menjadi penyebab infeksi pada paru-paru.

Pastikan juga untuk melakukan pemeriksaan secara teratur yaitu medical checkup untuk melihat kondisi paru-paru Anda, biasanya akan dilakukan langkah seperti rontgen untuk melihat gambar paru-paru secara langsung. Apakah terjadi kelainan ataukah tidak. Sayangilah paru-paru Anda karena ini termasuk salah satu organ vital yang tidak dapat diganti lagi jika sudah rusak.

google+

linkedin