Rabu, 01 Januari 2020

Tips Membeli Rumah Secara Lelang Agar Menguntungkan

Post oleh : lia | Rilis : Januari 01, 2020 | Series :

Bank di Indonesia memberikan penawaran berupa rumah lelang bagi para masyarakat setiap bulan. Harga rumah lelang lebih murah jika dibandingkan dengan rumah pada umumnya. Hal tersebut membuat rumah lelang lebih banyak diminati masyarakat. Tawaran rumah lelang sangat terbuka bagi masyarakat di seluruh Indonesia.

Beberapa bank seperti BNI, Mandiri dan BTN selalu memberi penawaran tersebut. Selain itu, juga terdapat beberapa properti yang dilelang oleh bank tersebut pada saat berita rumah lelang diumumkan. Properti yang ditawarkan pun bermacam – macam diantaranya :

1.       Kios
2.       Rumah
3.       Apartemen
4.       Ruko
5.       Tanah sawah
6.       Tanah darat
7.       Gudang

Banyaknya aset yang ditawarkan dapat dijadikan sebagai alternatif bagi anda yang membutuhkannya dengan biaya murah. Bandingkan jika dengan membeli rumah pada umumnya, tentu akan ada perbedaan yang sangat jauh antara rumah lelang dan rumah pada umumnya. Bahkan perbedaan harga yang ditawarkan mencapai 10 persen dari harga asli. Tingginya perbedaan biaya yang diberikan membuat rumah lelang semakin diminati masyarakat.

Tips Membeli Rumah Secara Lelang Agar Menguntungkan

Keuntungan Dan Kerugian Menggunakan Rumah Lelang
Bagi anda yang membutuhkan rumah dalam waktu cepat, anda dapat memilih rumah yang telah dilelang oleh bank karena memiliki banyak keunggulan diantaranya :

1.       Harga murah
Telah disebutkan diatas bahwa harga rumah yang dilelang akan lebih murah dibanding rumah pada umumnya. Keberadaan bank yang melelang rumah dikarenakan ingin menarik kembali setiap kredit yang telah diberikan oleh nasabah dan hasil dari lelang rumah akan dipergunakan untuk memperbaiki kondisi keuangan bank tersebut.

2.       Tersedia beberapa fasilitas
Beberapa rumah yang dilelang oleh bank tersedia berbagai fasilitas di dalamnya seperti gerbang rumah dan garasi, bahkan juga terdapat beberapa barang lainnya. Berbagai fasilitas yang ada di dalam rumah tersebut dapat anda teliti sebelum menggunakannya, jika memang masih dalam kondisi yang baik dapat anda gunakan. Namun jika kondisi sudah tidak memungkinkan dapat anda perbaiki atau anda buang.

3.       Telah jadi rumah
Maksudnya adalah dengan rumah yang dilelang anda akan mendapatkan rumah pada umumnya dengan berbagai ruangan seperti rumah pada umumnya. Selain itu, terdapat pula fasilitas baik diluar seperti taman umum, bank dan rumah sakit. Atau juga beberapa fasilitas di dalamnya seperti meja dan kursi.

Dibalik keuntungan yang dimiliki oleh rumah tersebut, terdapat beberapa kerugian diantaranya :

1.       Pemilik masih menghuni rumah
Sering kali pemilik rumah yang akan dilelang masih tinggal di dalamnya. Maka dari itu, sebelum menghuninya pastikan bahwa pemilik rumah tersebut sudah pergi dari rumah yang anda bayar. Hal tersebut merupakan salah satu kelicikan dari bank yang memberi dampak kerugian bagi pembeli. Bank hanya sekedar melakukan jual beli tanpa memikirkan bagaimana surat yang dimiliki oleh rumah tersebut. Untuk itu anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang telah anda bayar memiliki surat menyurat yang lengkap.

2.       Bangunan tidak terawat
Rumah yang dilelang merupakan rumah bekas sehingga terkadang bangunan rumah tersebut tidak terawat dan rapuh. Pastikan terlebih dahulu bahwa rumah yang akan anda tempati layak dan tidak rapuh sebelum membelinya. Atau melalui kerusakan yang ada anda dapat memperhitungkan biaya perbaikannya.

3.       Kondisi lingkungan sekitar kurang memadai
Memiliki rumah baru, belum tentu lingkungan dapat menerimanya, terlebih jika membeli rumah hasil lelangan. Biasanya rumah lelang terletak di kawasan kurang aman yaitu di daerah pinggiran sungai.

Setiap kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh rumah yang dilelang harus anda perhatikan sebelum membayarnya. Pastikan bahwa anda dapat merasakan keuntungan yang dihadirkannya.

google+

linkedin